Tuesday, October 30, 2012

Membuat Postingan Yang Berkualitas Pada Blog/Website

Membuat artikel/postingan yang berkualitas

Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tutorial blog ya khusus untuk pemula . Artikel yang berkualitas tentu saja akan menarik minta para pengunjung/visitor kita . tapi apa kah anda sudah berfikir apakah artikel kita berkualitas atau tidak ?
bahkan biasanya ketika kita membuat blog baru kita bingung akan menggunakan bahasa yang seperti apa yang akan di mintati pengunjung .



ada beberapa blog yang mungkin bahasanya sangat terlihat dan terkesan akrab . mengapa ? . karena mungkin itulah satu cara mereka untuk menarik minta pengunjung dan terlihat lebih akrab dengan pengunjung.

Kali ini saya akan membimbing sobat yang khusus nya pemula (Baru mempunyai blog/website) yang biasanya kebingungan dalam membuat post/artikel yang berkualitas dan ingin membuat pengunjung tertarik untuk membaca .
sebelumnya sobat sudah punya blog nya kan ? . Atau belum punya blog nya ?
Jika belum punya , wajib baca yang satu ini dulu
Cara membuat blog gratis

Yang perlu di hindari dalam membuat artikel blog :

1. Bahasa yang rancu dan berbelit
           Ini yang paling sangat tidak di minati oleh para  visitor , karena visitor menginginkan artikel yang mudah di mengerti dan mudah di serap . walupun terkadang ujung ujung nya di copas .

2. Mencantumkan iklan tiap sisipan paragraf
           Ini perlu di perhatikan , karena ini salah satu hal yang menggangu terhadap visitor kita , sehingga visitor kita menjadi malas untuk membaca karena terlalu banyak iklan .

3. Terlalu banyak curhat
           Curhat sebenarnya sering di terapkan dalam tahap awal pembuatan postingan agar kita juga dapat berbagi pengalaman juga terhadap visitor , namun jika curhat kita berlebihan dan terlalu lama , maka minat visitor untuk membaca pun menjadi berkurang dan akhirnya visitor pun meninggalkan blog kita.

4. Adanya link yang mati
           Misalkan kita membuat post yang berjudul Download lagu JKT48 terbaru . nah kita harus memperhatikan link download yang kita cantumkan itu benar atau tidak . karena visitor akan sangat kecewa ketika mereka akan mendownload dan link nya mati atau tidak bisa di buka.

5. Bahasa Yang tidak mendalami pembahasan
           Maksud disini adalah , kita tidak membahas/mengulas artikel secara mendalam . padahal sebelum kita menerbitkan post , kita harus memahaminya terlebih dahulu apa yang akan kita posting .biasanya bahasa yang tidak mendalami pembahasan itu seperti bahasan yang asal-asalan dan hanya copas .

6. Copy-Paste (COPAS)
           Ini bagian terpenting dari yang penting . Kalian suka menulis artikel ? suka sharing ? . kenapa harus copas ? . Copas mencerminkan orang yang tidak mau usaha yang hanya ingin serba instan , jujur saja seorang blogger akan merasa sangat kecewa ketika ada orang yang meng COPAS artikenya dan tidak mencatumkan link sumbernya sama sekali . jadi jangan sekali-kali kalian berniat untuk copas karena jika kalian berniat dan melakuakn COPAS , maka jangan harap kalian bisa mendapatkan yang kalian harapkan . jadilah blogger yang baik , yang punya etika dalam menulis , punya kesopanan , dan punya keramahan .


Hal Yang Di perhatikan dalam membuat artikel yang berkualitas : 

1. Pelajari terlebih dahulu postingan kita
            Apabila kita tidak mempelajari postingan kita , maka akan sulit untuk mempertanggung jawabkan artikel yang kita tulis . bahkan jika ada orang yang bertanya dan berkomentar ujung ujung nya kesulitan untuk menjawab . jadi minimalnya kita mengenal dulu apa yang akan kita posting .

2. Bahasan materi yang cukup mendalam
             Bahasan materi yang mendalam adalah hal yang sangat di inginkan visitor , karena visitor itu berkeliling internet bukan untuk berjalan-jalan melainkan mencari ilmu . jadi bahas lah materi secara mendalam (tidak asal asalan).

3. Luangkan waktu singkat anda untuk membuat artikel
             Ini bagian yang akan membawa artikel kita berkualitas . mengapa ? . karena dengan waktu yang luang , maka fikiran kita tidak tercampuri oleh "yang lain lain" dalam membuat artikel .

4. Fokus dalam pembuatan artikel.
             Fokus dalam pembuatan artikel sangat penting , karena dengan fokus kita akan membahasa materi secara benar dan tepat serta tidak bertele - tele .

5. Buatlah minimal gambar atau video singkat (Bila itu membuat tutorial)
             Dengan seperti itu maka visitor akan terbantu oleh kita .


Mungkin hanya sedikit yang saya bahas semoga bermanfaat, itu pun sedikit berbagi pengalaman . karena saya mencoba merasakan rasanya menjadi pengunjung itu seperti apa dan dari situ kita pelajari agar kita dapat memuaskan mereka . saya pun masih newbie jadi masih mencari jati diri dalam hal blogging . jadi mari kita sama-sama sharing sesama blogger karena dengan sharing akan menambah pengetahuan kita khususnya dalam hal blogging . 

Jadilah Blogger yang punya etika dan punya kesopanan dan juga friendly terhadap pengunjung yang datang

Salam Blogger

No comments:

Post a Comment

Kami tampung komentar beserta kritik dan saran serta pertanyaan anda .

1. Tidak Diperbolehkan Spam , Sara , Promosi Dan Sebagainya
2. Tidak Berkomentar Yang Bermaksudkan Promosi
3. Jika Pertanyaan Yang di ajukan dirasa cukup penting dan mungkin Penulis tidak dalam keadaan Online , Anda bisa ajukan Pertanyaan ke
"085624263913"

Terima Kasih Telah Berkunjung .