Thursday, October 18, 2012

Mengatasi Sakit Pada Kuku Kaki (Catengan / Hihileudeun)

Sesuai dengan pengalaman yang saya alami dan cukup menyakitkan yaitu Sakit pada bagian kuku kaki , terutama pada kuku jempol kaki . sekali sentuhan saja mengenai bagian yang sakit ini , berasa di tusuk pisau di bagian kuku .semoga pengalaman ini tidak menular pada sobat semuanya  hehe .


Penyakit ini penyakit yang cukup aneh tapi jika sudah terkena penyakit ini , rasanya sakit banget . sakit di bagian kuku kaki atau nama asli penyakitnya adalah Cantengan/paronychia merupakan penyakit yang biasanya menimpa pada orang yang bentuk kuku nya menjorok ke dalam .jadi bagian kuku yang berada pada ujung kuku jempol kaki itu melengkung (walaupun sebenarnya tidak bisa di lihat dengan kasat mata). 
penyakit ini biasanya hanya bisa di sembuhkan melalui pemotongan kuku atau operasi kecil .

pada pemotongan kuku , kita tidak memotong seluruh bagian kuku yang ada pada jempol tersebut , melainkan kita memotong bagian kuku yang menancap pada kulit , karena bagian itulah yang menyebabkan penyakit ini .

Berikut Adalah Cara yang saya lakukan ketika Sakit Catengan (Memotong Bagian Kuku Yang menancap) :

1. Rendam Kaki dengan air hangat , karena target kita adalah memotong kuku jadi kuku kita akan sedikit menjadi empuk ketika di rendam dengan air hangat .

2. Sediakan  Gunting Kuku Atau silet untuk memotong bagian kuku yang menancap

3. Gunting bagian kuku yang menacap dengan cara memasukan gunting kuku ke bagian dalam kuku dengan cara perlahan (bagian ini memang sangat menyakitkan , tapi ini lah cara yang benar benar utama )
Jika kesulitan mengguntingnya dengan gunting kuku , sobat bisa membuat goresan pada kuku samping , maksud goresan di sini adalah goresan yang terus menerus dan akhirnya kuku akan sobek .
(Catatan :saat kuku di gunting , jangan langsung di gunting full , biarkan hingga mepet kesamping saja)

4. Setelah Kuku nya mepet ke samping , tinggal kita tarik bagian sobekan kuku , tarik sekuat tenaga , agar tercabut bagian kuku yang menancapnya .apabila bagian kuku yang di sobek tadi pendek berarti kita harus menggunakan alat penjepit untuk menariknya karena karena sobekan kukunya pendek. (saya biasanya menggunakan pinset untuk menyabur bulu mata)

Apabila masih ada serpihan kuku yang menancap , kita congkel saja bagian kuku samping nya hingga kedalam (Dan rasa sakit nya setengah mati).

Semoga cara yang saya tunjukan ini dapat di mengerti , mohon maaf bila kurang mengerti karena saya tidak menyertakan gambar .

Pada intinya , rawat kuku sobat sebaik mungkin dan jangan biarkan kuku menjadi panjang :)
Itu yang saya lakukan kali ini dan alhamdulillah penyakitnya sudah ilang .




 

No comments:

Post a Comment

Kami tampung komentar beserta kritik dan saran serta pertanyaan anda .

1. Tidak Diperbolehkan Spam , Sara , Promosi Dan Sebagainya
2. Tidak Berkomentar Yang Bermaksudkan Promosi
3. Jika Pertanyaan Yang di ajukan dirasa cukup penting dan mungkin Penulis tidak dalam keadaan Online , Anda bisa ajukan Pertanyaan ke
"085624263913"

Terima Kasih Telah Berkunjung .